Pengertian iklan, slogan dan poster adalah teks persuatif yang isinya mengandung pesan kepada khalayak. Fungsi iklan, slogan dan poster adalah membujuk khalayak berbuat sesuatu. Selain persamaan tersebut, terdapat perbedaan antara iklan, slogan, dan poster. Pengertian iklan Mengutip Kemdikbud RI, iklan adalah teks persuatif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara. Unsur iklan yang ditampilkan adalah gambar, gerak, kata-kata, dan suara. Iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang dan jasa. Iklan adalah teks yang mendorong dan membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Baca juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Iklan? Menurut KBBI, pengertian iklan adalah: Berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan; Pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum. Fungsi iklan adalah: Bagi perusahaan komersial untuk menjual barang dan jasa. Bagi perkantoran untuk merekrut karyawan.
Bagi pemerintah untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat. Bagi orang perorangan untuk membeli dan menjual barang-barang pribadi. Umumnya iklan bisa ditemukan di media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet. Baca juga: Jenis-Jenis Iklan Pengertian slogan Mengutip Kemdikbud RI, slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan (pegangan hidup); prinsip dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Menurut KBBI, pengertian slogan adalah: Perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu; Perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya. Slogan disebut juga moto atau semboyan. Slogan mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata. Baca juga: Cara Menulis Teks Iklan Pengertian poster Mengutip Kemdikbud RI, poster adalah plakat yang dipajang di tempat-tempat umum. Unsur poster adalah kata-kata dan gambar. Menurut KBBI, pengertian poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan). Isi poster mengandung pesan kepada khalayak. Poster hampir sama dengan iklan, yaitu pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak. Poster menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik, dan lengkap. Poster biasanya ditujukan untuk pemasangan di ruang-ruang terbuka. Baca juga: Bahasa Iklan: Sifat, Unsur, dan Syaratnya Persamaan iklan, slogan dan poster Persamaan iklan, slogan, dan poster adalah: Sama-sama teks persuatif yang mengandung pesan kepada khalayak. Tujuannya sama-sama untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu. Perbedaan iklan, slogan dan poster Perbedaan iklan, slogan, dan poster adalah: Iklan memadukan unsur gambar dengan kata-kata, gerak, dan suara serta ditemukan di media massa. Slogan mengutamakan unsur kata-kata. Poster mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata serta dipajang di tempat umum.